Rabu, 06 Februari 2013

Laporan OJT Minggu Kedua

14 Januari 2013
Pada hari ini saya ditugaskan untuk mengrimping kabel lan menggunakan kabel straight.


Cara mengrimping kabel straight

Alat dan bahan yang dibutuhkan :
  1. Kabel UTP
  2. Konektor RJ45
  3. Tang krimping
  4. Tester (bila diperlukan untuk mengecek apakah susunan kable sudah benar dan tepat)

Langkah-langkah :
  • Kupas kabel UTP kira-kira 2 cm menggunakan tang krimping atau juga bisa menggunakan gunting. Tapi jangan sampai kabel yang didalamnya terpotong.
  •  Susunlah uruta warna kabel straight dengan tepat dan benar. Pada saat ini saya menggunakan tipe T658B.
susunan pengkabelan straight T658B


Keterangan :
  1.  putih hijau
  2. hijau
  3. putih orange
  4. biru
  5. putih biru
  6. orange
  7. putih coklat
  8. coklat
  • Setelah selesai menyusun warna-warna pengkabelan, masukan ke dalam konektor RJ45 dan crimping. Crimping kabel sampai berbunyi supaya kabel benar-benar sudah mengkrimping.
  • Coba test kabel utp dengan tester, apakan kabel sudah tertata dengan benar dan tepat. Sehingga pada saat kabel tester dicoba, lampu warna 1 sampai 8 menyala semua dan urutannya benar.
Disini saya ada kendala pada saat ditester tapi lampunya tidak berjalan. Saya pikir kerusakan pada tester, tapi saya cek dengan kabel UTP yang menancap pada server, dan akhirnya dapat menyala. Warna kabel yang sudah saya tata juga sudah tepat dan benar. Disini saya menyimpulkan kerusakan pada kabel, kemungkinan salah satu kabel yang didalam ada yang terputus.
Akhirnya pada hari itu juga saya ditugaskan untuk memindah PC yang rusak, monitornya dipindah ke tempat komputer yang monitornya baik dan masih bisa digunakan. Sedangkan PC yang rusak pada processor dipasangkan pada monitor yang rusak juga. Setelah PC yang baik dan monitor yang masih digunakan tersebut dipasangkan, install software yang diperlukan untuk kelengkapan PC tersebut dan mengatur IP untuk mengkoneksikan ke internet.






15 Januari 2013

Melanjutkan lagi mengkrimping kabel utp yang baru dan akhirnya sudah bisa dipakai. Menginstall driver komputer yang baru diinstall pada komputer yang ada di Gallery Internet Kominfo. Pada hari itu juga saya disuruh mengecek laptop yang rusak, dan diminta untuk menginstall ulang OS windows xp untuk laptop tersebut. Tapi tidak dapat diinstall ulang dikarenakan harddisk pada laptop tersebut tidak dapat terdeteksi.


16 Januari 2013
Belajar untuk membuat squid menggunakan OS linux mint 12. Diminta untuk memblock suatu web tapi belum juga berhasil karenakomputer server belum bisa terhubung dengan client.

Memblokir web dengan squid di linux mint 12

Sebelum memblokir web, install squid terlebih dahulu dengan cara ketikkan # apt-get install squid dan kemudian tekan enter. Setelah itu baru kita dapat mengkonfigurasi squid untuk memblokir situs web.
  1. Masuk pada squid.conf dengan cara ketikkan # nano /etc/squid/squid.conf (tergantung dimana konfigurasi squid berada) pada root.
  2. Pada acl connect, tambahkan tulisan ini dibawahnya "acl terlarang url_regex -i /etc/squid/squid.conf".
  3. Tambahkan "http_access deny terlarang" dibawah tulisan  http_access deny manager.
  4. Hilangkan tanda pagar "#" pada http_access alow localnet.
  5. Pada http_port 3128 tambahkan kata "transparent".
  6. Tutup squid.conf dan jangan lupa disimpan.
  7. Buat file pada direktori squid dengan cara ketikkan #nano /etc.squid/terlarang.txt pada root.
  8. Isikan nama domain yang diblokir pada file tersebut. Tutup file dan jangan lupa disimpan terlebih dahulu.
  9. Kemudian masukkan perintah routing supaya proxy bisa bekerja, ketikkan #iptables -A PREROUTING -t nat -j REDIRECT -p tcp -s (ip address) -d % --dport 80 --to-ports 3128.
  10. Restart squid dengan cara ketikkan #squid -k reconfigure && /etc/init.d/squid restart.

17 Januari 2013
Melanjutkan belajar squid yang masih belum juga berhasil. Diberi tugas komputer yang rusak untuk menginstall ulang lagii agar dapat digunakan lagi tapi terkendala pada saat harddisk dan cd-room ditancapkan, cd-room tidak dapat terdeteksi. Dicoba berbagai macam seperti memberi jumper pada cd-room, mengganti-ganti letak jumper sudah dilakukan tetapi tetap saja tidak dapat mendeteksi cd-room.
 dan akhirnya mencoba untuk melepas kabel yang tertancap pada haddisk dan ternyata cd-room dapat terdeteksi. Kabel pada harddinsk ditancapkan lagi sekarang malah harddisk yang ridak dapat terdetek. Pada permasalahan tersebut saya menyimpulkan bahwa kerusakan terdapat pada kabel sata/ata. Diberikan notebook untuk melanjutkan squid, notebook sebagai client. Tetapi notebook tersebut perlu diinstall ulang terlebih dahulu. Terkendala pada notebook tersebut tidak dapat mendeteksi USB yang digunakan untuk menginstall.



18 Januari 2013
Karena masih merasa bingung tentang permasalahan squid pada hari sebelumnya, pada hari ini saya mencari referensi squid terlebih dahulu setelah dirasa sudah dapat menemukan cara yang lain dan perlu dicoba, baru akan mencoba dipraktekkan pada server squid tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar