Kamis, 02 Agustus 2012

Layer Physical


Layer Physical biasa disebut dengan lapisan fisik yang merupakan lapisan pertama dalam model referensi jaringan OSI dari tujuh lapisan lainnya. Secara garis besar Layer Physical merupakan menghubungkan secara fisik. Lapisan ini mendefinisikan atar muka dan mekanisme untuk meletakkan bit-bit data di atas media jaringan. Selain itu lapisan ini juga mendefinisikan tegangan listrik, arus listrik, modulasi, sinkronasi antar bit, pengaktifan koneksi dan pemutusannya, dan beberapa karakteristik kelistrikan untuk media transmisi seperti halnya kabel UTP/STP, kabel koaksial atau kabel fiber-optic.



Media transmisi mempunyai dua sifat yaitu :

Yang pertama bersifat Guide dan Unguide. Guide adalah penggunaan kabel yang terarah atau teratur. Contohnya adalah Kabel koaksial, RJ11, RJ45, kabel interpair, dan lainnya. Kabel interpair ada dua yaitu berupa STP dan UTP. Perbedaan antara STP dan UTP adalah secara fisik STP dilindungi oleh tembaga yang digunakan untuk menghindari adanya radiasi medan magnet pada sekeliling kabel. Sedangkan UTP tidak dilindungi tembaga. Namun STP lebih mahal daripada UTP. Tetapi susunan kabelnya pun sama.

Yang kedua bersifat Unguide. Unguide merupakan penggunaan jaringan tidak terarah atau bisa disebut dengan gelombang yang menyebar. Contoh dari unguide adalah udara atau bisa melalui sifnal. Signal ada dua jenis. Yaitu signal analog dan digital. Signal analog merupakan merambat melalui udara. Frekuensi cahayanya mencapai 170m. Dan signal digital yaitu signal yang susah ditetapkan nilainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar