Senin, 30 Juli 2012

Pengabelan



Pengkabelan merupakan jaringan yang menghubungkan satu sisi dengan sisi lain yang dapat saling terhubung satu sama lain. Alat-alat yang diperlukanuntuk pengkabelan jaringan LAN adalah kabel UTP, connector RJ45, tester, dan crimping.


Kabel UTP


Kabel UTP adalah kabel khusus untuk transmisi data. UTP sendiri kepanjangan dari Unshielded Twisted Pair. Kabel tersebut sering digunakan untuk membuat suatu jaringan.














Konektor


Konektor digunakan sebagai alat penghubung antara kabel UTP dengan LAN, switch, HUB, dan sebagainya. Atau pada umumnya konektor digunakan unuk penghubung RJ11, dan sebagainya. Konektor digunakan sesuai kebutuhan. Untuk sekarang saya menggunakan RJ45 untuk membuat susunan pengkabelan straight dan cross.






Crimping

Alat ini juga digunakan untuk memotong kabel, mengupas kabel, atau mengcrimping kabel UTP supaya susunan pengkabelan yang kita susun tidak bisa berubah atau berpindah ataupun goyang-goyang yang membuat rusak.



Tester

Tester digunakan untuk pengecekan kabel apakah susunan pengkabelan tersebut sudah sesuai atau belum.



Pengkabelan ada 2 susunan yaitu T658A dan T658B atau bisa disebut dengan susunan straight dengan cross. 

Pengkabel Straight

Kabel straight digunakan pada saat ingin menghubungkan antara komputer dan hub ataupun sebaliknya. Dengan kata lain, pengkabelan ini menghubungkan dua komputer atau lebih tanpa menggunakan perantara switch atau hub. 










Susunan pengkabelan pada pengkabelan straight yaitu :
Orange Putih
Orange
Hijau putih
Biru
Biru putih
Hijau
Coklat putih
Coklat


Pengkabelan Cross

Pada umunya fungsi pengkabelan cross sama seperti pengkabelan straight yaitu menghubungkan antar komputer, atau antar hub. Atau bisa dibilang kabel cross menghubungkan dua perangkat yang sama atau sejenis. Yang membedakan antara kabel cross dengan kabel straight adalah susunan pengkabelannya.
Susunan pengkabelan cross yaitu :
Hijau putih
Hijau
Orange putih
Biru
Biru putih
Orange
Coklat putih
Coklat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar